OUR PROJECT

MEMPERCANTIK PINTU DENGAN KERAK TELUR DAN AMPAS RAUTAN PENSIL

5

Kebutuhan manusia setiap hariya mengalami peningkatan. Hal ini juga disetai dengan banyaknya sampah yang dihasilkan. Kegiatan yang dilakukan manusia kebanyakkan memiliki interval keperluan yang tinggi sehingga kegiatan ini dilakukan setiap hari. Contohnya kegiatan rumah tangga, serta kegiatan belajar megajar. Dua kegiatan rutin ini tentunya menghasilkan sampah-sampah yang berbeda.

Kegiatan rumah tangga biasa menghasilkan limbah domestik cair berupa sisa air sisa deterjen , serta limbah domestik kering berupa sisa sayur mayur, kerak telur , dan lain sebagainya.Bebeda dengan kegiatan belajar mengajar yang banyak menghasilkan limbah kering contohnya ampas rautan pensil, kertas coretan, dan lain sebagainya.

Dengan kegiatan rutin tersebut tentu sampah yang dihasilkan kian hari semakin menumpuk. Sehingga diperlukan pengolahan yang baik dan benar. Limbah cair, dalam pengolahanya memerlukan mesin-mesin khusus. Sedangkan sebagia limbah kering akan diuraikan oleh dekomposer.Hal ini jelas membutuhkan waktu.

Oleh karenanya masyarakat kini dituntut berpikir kreatif guna megambil nilai ekonomis dalam sebuah sampah. Contohnya yakni kombinasi sampah rumah tangga dan belaja mengajar. Kombinasi yang dimaksud yakni kombinasi antara kerak telur , ampas rautan pensil serta pembungkus makanan ringan. Kombinasi antara ketiganya mampu menghasilkan berbagai benda benilai ekonomis.

Salah satu hasil peggolahan sampah diatas yakni gantungan nama yang akan mempercantik pintu. Dalam pembuatan gantungan akan melalui beberapa tahapan yakni sebagai beriku;

• Siapkan alat dan bahan
Sketsa gambar
Pita
Cat poster
Gunting
Spidol
Potongan pembungkus makanan
Ampas rautan pensil
Kerak telur

IMG_20140624_215652

IMG_20140624_215720

Cara pembuatan

• Campurkan cat poster secukupnya dengan air lalu masukkan ampas rautan pensil. Aduk rata, setelah tecampur rata keringkan ampas rautan pensil.

1

• Beri lem pada bagian rambut pada sketsa, lalu tempelkan ampas rautan pensil yang sudah diberi warna.

2

• Beri lem pada bagian wajah lalu tempelkan kerak telur .

3

•Beri lem pada bagian nama, lalu tempelkan potongan pembungkus makanan

j

•Tempel sketsa ke kertas cover, dan kreasikanlah

4

Kini selain dapat meraskan nilai ekonomis sampah, kita dapat berkreasi.

5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s